TOP News
Home » Beauty » Cara mengatasi ketombe dan rasa gatalnya
Pria Dengan Ketombe
Img: static.republika.co.id

Cara mengatasi ketombe dan rasa gatalnya

(Cara mengatasi ketombe dan rasa gatalnya) – Ketombe, sering bikin kita jengkel disela-sela aktivitas yang harus selalu menggaruk-nggaruk kepala karena terasa gatal. Bagaimana tidak?

Ketombe yang biasanya muncul seperti sisik kering dikepala apabila digaruk, ketombe ini biasanya jatuh ke pakaian jika digaruk serta menyebabkan gatal di kulit kepala dan ini sangat mengganggu sekali. Hal ini disebabkan oleh faktor kulit kepala yang terlalu kering, serta udara dingin atau suhu terlalu panas.

Jika ketombe tidak disertai dengan warna kemerah-merahan biasanya kondisi tersebut tidak akan menular. Namun demikian ketombe juga bisa disebabkan oleh mikroorganisme yang biasa disebut dengan nama pityorosporum ovale.

Apabila kondisi ketombe sangat parah, American Osteopathic College of Dermatology menginformasikan bahwa ketombe juga bisa disebabkan oleh organisme ragi penyebab ketombe di kulit kepala yakni malassezia.

Jika ketombe dikepala disertai dengan rasa gatal kemungkinan hal tersebut terjadi karena mikroorganisme pityrosporum ovale memakan minyak yang ada di kulit kepala. Sehingga kondisi ini dapat memicunya untuk melepaskan asam lemak bebas pro-inflamasi yang mengakibatkan peradangan dan hipersensitivitas dan menyebabkan rasa gatal di kulit kepala.

Selain daripada itu mikroorganisme tersebut juga bisa mengeluarkan bahan kimia beracun yang dapat berkontribusi terhadap infeksi jamur, seperti dikutip dari Livestrong, Rabu (26/10/2011).

Hal-hal yang mempengarui timbulnya ketombe adalah kurangnya zinc (seng), vitamin B dan juga lemak sehat, serta penyakit tertentu seperti stres, parkinson, serangan jantung atau menurunnya sistem imun.

Cara menghilangkan ketombeSebenarnya ada cara alami yang bisa dilakukan untuk mencegah timbulnya ketombe seperti mengoleskan minyak kelapa pada kulit kepala saat mau tidur, oleskan sedikit campuran antara jus lemon dan cuka ke kulit kepala dipagi hari dengan menggunakan kapas sebelum keramas, atau juga bisa menggunakan campuran antara jus lemon dengan air suam-suam kuku (hangat).

Apabila ketombe yang diakibatkan oleh dermatitis seboroik dimana kulit kepala terasa berminyak dan tertutup sisik yang terkelupas berwarna putih atau kuning, maka keadaan ini tidak cukup diatasi dengan hanya keramas saja namun butuh perawatan medis.

Advertisement

Comments

Related Post

Cegah Penuaan Dini dengan Tabir Surya

Cegah Penuaan Dini dengan Tabir Surya

Pada umumnya mereka yang rutin melakukan perawatan kulit tidak lupa selalu mengonsumsi makanan dengan kandungan antioksidan vitamin C dan E. Antioksidan tersebut dipercaya efektif untuk melindungi membran sel dalam kulit dan juga menjadikan kulit lebih elastis. Sumber antioksidan yang baik untuk perawatan kulit ini banyak terdapat pada buah, sayuran, ikan dan minyak. Yang tidak kalah Read More »

Susu Coklat Dapat Cegah Kulit Keriput

Susu Coklat Dapat Cegah Kulit Keriput

diwarta.com – Memiliki kulit wajah yang segar dan selalu bersinar merupakan keinginan setiap wanita, terlebih jika kulit wajah terasa kencang dan tidak keriput. Tak sedikit wanita, yang tidak mengetahui bahwa banyak jenis makanan yang dapat membantu mencegah kulit keriput dan menjadikan kulit nampak muda serta selalu bersinar. Seperti halnya Susu coklat, kandungan flavanoid yang tinggi Read More »

Cegah Rambut Rontok dengan Masker Buah Alpukat

Cegah Rambut Rontok dengan Masker Buah Alpukat

Rambut merupakan mahkota bagi sebagian orang, maka tak heran jika sewaktu melakukan perawatan rambut terkadang mereka rela menghabiskan uang hingga jutaan rupiah. Sebenarnya daripada mengeluarkan uang yang banyak untuk membeli obat perawatan rambut dari bahan kimia, lebih baik gunakan saja bahan-bahan alami seperti buah-buahan dalam merawat rambut, terutama untuk rambut mudah rontok. Rambut rontok, merupakan Read More »

Cara Mudah Merawat Kulit Supaya Awet Muda

Cara Mudah Merawat Kulit Supaya Awet Muda

Memiliki kulit sehat dan awet muda memang memberikan kebahagiaan tersendiri, terlebih pada kulit tangan. Seiring bertambahnya usia kadar lemak dan air dalam tubuh akan berkurang sehingga elastisitas dan kelembapan kulit juga akan berkurang. Kondisi ini tentu saja menjadikan tubuh akan lebih cepat tua. Beberapa pemberian nutrisi untuk kulit seperti penggunaan krim yang kaya akan humectans Read More »