TOP News
Home » Beauty » Cara mengatasi ketombe dan rasa gatalnya
Pria Dengan Ketombe
Img: static.republika.co.id

Cara mengatasi ketombe dan rasa gatalnya

(Cara mengatasi ketombe dan rasa gatalnya) – Ketombe, sering bikin kita jengkel disela-sela aktivitas yang harus selalu menggaruk-nggaruk kepala karena terasa gatal. Bagaimana tidak?

Ketombe yang biasanya muncul seperti sisik kering dikepala apabila digaruk, ketombe ini biasanya jatuh ke pakaian jika digaruk serta menyebabkan gatal di kulit kepala dan ini sangat mengganggu sekali. Hal ini disebabkan oleh faktor kulit kepala yang terlalu kering, serta udara dingin atau suhu terlalu panas.

Jika ketombe tidak disertai dengan warna kemerah-merahan biasanya kondisi tersebut tidak akan menular. Namun demikian ketombe juga bisa disebabkan oleh mikroorganisme yang biasa disebut dengan nama pityorosporum ovale.

Apabila kondisi ketombe sangat parah, American Osteopathic College of Dermatology menginformasikan bahwa ketombe juga bisa disebabkan oleh organisme ragi penyebab ketombe di kulit kepala yakni malassezia.

Jika ketombe dikepala disertai dengan rasa gatal kemungkinan hal tersebut terjadi karena mikroorganisme pityrosporum ovale memakan minyak yang ada di kulit kepala. Sehingga kondisi ini dapat memicunya untuk melepaskan asam lemak bebas pro-inflamasi yang mengakibatkan peradangan dan hipersensitivitas dan menyebabkan rasa gatal di kulit kepala.

Selain daripada itu mikroorganisme tersebut juga bisa mengeluarkan bahan kimia beracun yang dapat berkontribusi terhadap infeksi jamur, seperti dikutip dari Livestrong, Rabu (26/10/2011).

Hal-hal yang mempengarui timbulnya ketombe adalah kurangnya zinc (seng), vitamin B dan juga lemak sehat, serta penyakit tertentu seperti stres, parkinson, serangan jantung atau menurunnya sistem imun.

Cara menghilangkan ketombeSebenarnya ada cara alami yang bisa dilakukan untuk mencegah timbulnya ketombe seperti mengoleskan minyak kelapa pada kulit kepala saat mau tidur, oleskan sedikit campuran antara jus lemon dan cuka ke kulit kepala dipagi hari dengan menggunakan kapas sebelum keramas, atau juga bisa menggunakan campuran antara jus lemon dengan air suam-suam kuku (hangat).

Apabila ketombe yang diakibatkan oleh dermatitis seboroik dimana kulit kepala terasa berminyak dan tertutup sisik yang terkelupas berwarna putih atau kuning, maka keadaan ini tidak cukup diatasi dengan hanya keramas saja namun butuh perawatan medis.

Advertisement

Comments

Related Post

Jeruk Nipis, Bantu Turunkan Berat Badan

Jeruk Nipis, Bantu Turunkan Berat Badan

Diet – Jeruk nipis merupakan salah satu dari sekian banyak buah yang memiliki kandungan kalori rendah. Dimana buah yang memiliki rasa khas asam ini hanya mengandung 43 kalori secara keseluruhan. Oleh sebab itu, buah yang bernama jeruk nipis ini cocok sekali jika dijadikan sebagai menu tambahan untuk diet bari mereka yang sedang menurunkan berat badan. Read More »

Sehatkan Kulit Wajah Dengan Perbanyak Minum Air Putih

Sehatkan Kulit Wajah Dengan Perbanyak Minum Air Putih

diwarta.com – Mengkonsumsi banyak air putih ternyata bukan hanya menyehatkan bagi tubuh kita tetapi juga bisa membantu mencerahkan kulit wajah. Sebab wajah kita juga membutuhkan cairan untuk memproduksi keringat. Untuk itu buat kalian yang pengen mempunyai kulit yang sehat alami khususnya kulit wajah, wajib mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas dalam sehari. Dengan demikian kebutuhan Read More »

Minum Dengan Sedotan, Picu Penuaan Dini

Minum Dengan Sedotan, Picu Penuaan Dini

Kecantikan – Apakah Anda suka minum soda hitm, teh dan kopi dengan sedotan untuk mencegah menodai gigi putih Anda atau untuk menghindari menempelkan mulut pada botol maupun kaleng? Menurut Mag of AURA (11/2012) minum dengan cara ini dapat menyebabkan garis-garis halus di sekitar mulut, pertanda penuaan dini. Menurut ahli skin care Renee Rouleau, kreator produk Read More »

Cegah Penuaan Dini Dengan Buah Alpukat

Cegah Penuaan Dini Dengan Buah Alpukat

Buah alpukat adalah buah yang memiliki sejuta manfaat termasuk untuk mencegah penuaan dini. Buah alpukat kebanyakan dikonsumsi oleh seseorang karena ingin mendapatkan lemak esensial yang terdapat dalam daging buah alpukat. Tak hanya menyehatkan, tak jarang seseorang yang menggunakan buah alpukat sebagai bahan-bahan kosmetik seperti halnya scrub alpukat yang biasa digunakan untuk merawat wajah supaya tetap Read More »