TOP News
Home » Stylista » Rumah Bergaya Indonesia VS Barat
Gambar Rumah Minimalis
Images: rumahminimalis.com

Rumah Bergaya Indonesia VS Barat

Bagi kebanyakan orang, bentuk sebuah bangunan tidaklah mempunyai arti apa-apa. Bahkan, acapkali diabaikan tanpa perhatian baik desain interior maupun eksteriornya. Padahal, menurut Mahbub Husaini -seorang desainer bangunan- sebuah bangunan merupakan hasil kreatifitas pemikiran dari nenek moyang sesuai dengan tradisi dan adat istiadat setempat. Kini desain bangunan gaya Barat, membanjiri dan menjadi trend di dalam negeri dan menenggelamkan rumah dengan gaya daerah asli Indonesia.

“Saya sangat menyayangkan banyaknya desainer kita yang berkiblat ke Barat. Padahal desain rumah Indonesia tidak kalah indah” Ungkapnya mengawali pembicaraan. “Orang Jawa seharusnya mempertahankan bentuk rumah Jawanya, yaitu Joglo. Kenapa? Karena Joglo adalah representasi dari filosofi orang Jawa. Diantaranya guyub rukun dan penuh kebersamaan dengan dibangunnya Bale atau ruang kumpul keluarga dan sanak saudara. Bahkan hongsuy nya pun juga dipertimbangkan. Dan masih banyak lagi” Tambahnya.

Menurutnya Mas Bob-sapaan akrabnya-semua gaya rumah di Indonesia mempunyai tujuan tertentu. Tidak hanya berfungsi sebagai tempat tinggal, akan tetapi juga perwujudan dari tradisi dan adat istiadat daerah setempat. “Oleh karenanya, kami beserta teman-teman pecinta rumah Indonesia berupaya mengorbitkan lagi rumah dengan gaya Indonesia. Bahkan, kami ingin bekerjasama dengan pemerintah daerah, membangun sebuah tempat yang menggambarkan ke-khasan daerah tersebut. Blitar misalnya, akan kita bangun sebuah kawasan yang sangat kental dengan nuansa Blitar nya, yaitu Koi dan Candi Penataran. Jadi ketika orang melihat, langsung merasakan kesan mendalam tentang Blitar” Kata bapak 2 anak lulusan Universitas Gajahmada Jogjakarta tahun 2003 ini.

Memang bangunan asli Indonesia kurang mendapatkan tempat di hati orang masyarakat Indonesia. Terlihat dari hampir seluruh bangunan bergaya Barat, Eropa dan China. Sangat sulit untuk menemukan bangunan bergaya asli Indonesia. Jika pun ada, biasanya bangunan tersebut sudah tua dan cenderung kurang terawat. “Biasanya rumah asli Indonesia dipugar dan diganti dengan gaya Barat” Ujar lelaki yang mempunyai hoby menggebuk drum tersebut.

Mas Bob pun siap membantu mendesain bangunan dengan gaya Indonesia, bagi siapapun yang membutuhkan. “Agar tradisi kita tidak hilang mas. Jika berminat, silahkan datang ke jalan A. Yani 68 A” Tutupnya. (IFA/diwarta.com)

Advertisement

Comments

Related Post

Hiasan Imut Toples dan Tempat Tisu

Hiasan Imut Toples dan Tempat Tisu

diwarta.com – Dirumah, tentu kita memiliki banyak perabot yang biasa kita letakkan diruang tamu ataupun diruang makan. Misalnya saja toples, tempat tisu, tempat tusuk gigi dan lainnya yang biasanya tanpa hiasan sedikitpun. Hal tersebut memang seringkali terlihat kurang menarik dan membosankan. Untuk menyulapnya menjadi lebih cantik dan lebih sedap dipandang, maka memberinya hiasan dengan kain Read More »

Kulit Kentang Ampuh Atasi Rambut Beruban

Kulit Kentang Ampuh Atasi Rambut Beruban

Pada umumnya uban hanya muncul pada orang yang berusia lanjut. Karena uban menjadi penanda bahwa pigmen rambut tidak berfungsi dengan baik lagi. Akibatnya, warna rambut anda menjadi berubah abu-abu keputih-putihan. Namun, kenyataannya mereka yang masih berusia muda juga memiliki uban. Untuk menghilangkan uban, sebagian orang memilih untuk mencabut, dan tidak sedikit pula yang mewarnai rambut Read More »

Ini dia alasan kenapa kulit wajah pria mudah kusam

Ini dia alasan kenapa kulit wajah pria mudah kusam

diwarta.com – Alasan utama kulit wajah pria menjadi kusam adalah kebanyakan pria mempunyai banyak kesibukan atau kegiatan di luar ruangan. Karena terlalu sering aktivitas di luar ruangan tersebut, membuat kulit pria menjadi mudah terserang berbagai masalah kulit, terutama di bagian kulit wajah. Salah satu yang sering dialami oleh pria diantaranya adalah kulit wajah menjadi kusam. Read More »

Mempelai ini Rayakan Pernikahan di Warung Makan

Mempelai ini Rayakan Pernikahan di Warung Makan

Ironi memang, jika ketulusan cinta seseorang hanya diukur dari kekayaan. Namun, tahukah Anda sebenarnya ketulusan cinta seseorang tak perlu diukur menggunakan harta. Memang, dalam urusan pernikahan, terkadang pesta pernikahan yang megah, baju mewah, dan dekorasi panggung yang megah jadi impian setiap orang. Namun sebenarnya itu adalah sekedar simbol kemewahan dan bukan simbol ketulusan cinta. Untuk Read More »